Suryawan, Devi Pradnya Maheswari (2025) Pengaruh Kontribusi Online dan Offline Travel Agent dalam Upaya Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar di The Trans Resort Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93303_2115834145_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115834145_2000031001_2022032010_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_93303_2115834145_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontribusi online dan offline travel agent terhadap tingkat hunian kamar di The Trans Resort Bali serta untuk mengetahui saluran distribusi mana yang paling dominan dalam meningkatkan okupansi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda serta didukung dengan wawancara mendalam sebagai data kualitatif. Data diperoleh melalui dokumentasi penjualan kamar dan hasil wawancara dengan pihak hotel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik online maupun offline travel agent memberikan pengaruh yang signifikan dan positif terhadap tingkat hunian kamar sebesar 99,8%. Kerja sama dengan kedua jenis agen ini terbukti efektif dalam mendistribusikan produk kamar hotel, meskipun terdapat perbedaan tingkat kontribusi. Hasil uji dominan menunjukkan bahwa online travel agent sebesar 78,5%, merupakan saluran distribusi yang paling berpengaruh karena memiliki jangkauan pasar yang luas, efisiensi sistem reservasi, serta strategi pemasaran digital yang adaptif terhadap tren konsumen. Sementara itu, offline travel agent masih berperan dalam melayani pasar tertentu yang membutuhkan layanan personal. Oleh karena itu, kolaborasi dengan kedua jenis agen tetap penting dalam strategi pemasaran hotel, dengan fokus utama pada pengembangan kerja sama digital untuk meningkatkan okupansi jangka panjang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Online Travel Agent, Offline Travel Agent, Tingkat Hunian Kamar, Strategi Pemasaran, Industri Perhotelan
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Devi Pradnya Maheswari Suryawan
Date Deposited: 12 Aug 2025 05:02
Last Modified: 12 Aug 2025 05:02
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16071

Actions (login required)

View Item View Item