Umakela, Valentinus Kopong Demon (2025) Implementasi Strategi Triple Bottom Line terhadap Revenue Hotel di Discovery Kartika Plaza Hotel, Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93303_2115834142_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115834142__0002076007_0031126457_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (487kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93303_2115834142_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi strategi Triple Bottom Line (TBL) terhadap revenue hotel, dan pengaruhnya terhadap peningkatan revenue hotel di Discovery Kartika Plaza Hotel Bali, dengan alasan utama bahwa keberlanjutan kini menjadi tuntutan dalam industri perhotelan modern, khususnya di Bali sebagai destinasi wisata global. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sejauh mana penerapan aspek profit, people, dan planet dalam strategi TBL berdampak terhadap peningkatan pendapatan hotel. Penelitian dilakukan di Discovery Kartika Plaza Hotel, Bali, menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling, terdiri dari Director of Revenue & Distribution, Senior Reservation Manager, dan Assistant Revenue Manager. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi langsung, dokumentasi, dan studi literatur, yang kemudian dianalisis menggunakan model analisis data Miles, Huberman & Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi TBL telah diimplementasikan melalui program kesejahteraan karyawan, inisiatif pelestarian lingkungan, dan optimalisasi pendapatan hotel. Meskipun belum memberikan peningkatan revenue yang signifikan dalam jangka pendek, penerapan strategi TBL memberikan kontribusi positif terhadap fondasi keberlanjutan operasional dan daya saing hotel dalam jangka panjang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Triple Bottom Line, Strategi Triple Bottom Line, Revenue Hotel, Implementasi Triple Bottom Line |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | Valentinus Kopong Demon Umakela |
Date Deposited: | 24 Aug 2025 12:50 |
Last Modified: | 24 Aug 2025 12:50 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16135 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |