Indraswari, Nyoman Asri (2025) Implementasi Green Practice dalam mendukung Green Hotel pada Front Office Department di The Laguna, a Luxury Collection Resort & Spa, Nusa Dua, Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93303_2115834089_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115834089_0026106308_1815834140_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (561kB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_93303_2115834089_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi green practice pada front office department dan menganalisis implementasi green practice dalam mendukung green hotel pada front office department di The Laguna a Luxury Collection Resort and Spa Nusa Dua Bali. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penelitian ini menggunakan Teknik observasi, wawancara, dokumentasi serta studi pustaka. Informan yang digunakan berjumlah 4 orang yang merupakan 1 orang front office manager, 1 guest service manager dan 2 duty manager. Dari hasil penelitian ini, didapatkan kesimpulan bahwa front office department telah mengimplementasikan green practice dengan optimal termasuk indikator efisiensi sumber energi listrik dan air, berkontribusi dalam kegiatan donasi serta menggunakan produk berbahan dasar organik. Namun terdapat indikator yang belum diterapkan secara optimal seperti pada dimensi green action dimana front office masih menggunakan kertas ketika proses check out untuk keperluan dokumen invoice atau balance bill. Hasil penelitian yang menganalisis penerapan green practice dalam mendukung green hotel di front office department didapatkan hasil bahwa variable Green Practice memiliki hubungan dengan variable Green Hotel dilihat dari dimensi dari masing masing variable yang memiliki keterkaitan satu sama lain seperti dimensi green action memiliki keterkaitan dengan dimensi efisiensi penggunaan material bangunan, efisiensi air, efisiensi energi, kualitas pengudaraan, tata guna dan pengelolaan limbah berwawasan lingkungan. Dimensi green food memiliki keterkaitan dengan dimensi operasional hotel berwawasan lingkungan serta dimensi green donation yang memiliki keterkaitan dengan dimensi manajemen hotel berwawasan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Front Office Department, Green Practice, Green Hotel
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Nyoman Asri Indraswari
Date Deposited: 14 Aug 2025 10:56
Last Modified: 14 Aug 2025 10:56
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16141

Actions (login required)

View Item View Item