Wiguna, I Komang Yana Asta (2025) Analisis Pengaruh Employee Engagement terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di Hotel Nikko Bali Benoa Beach. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93303_2115834063_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115834063_0004037205_0016129407_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (435kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93303_2115834063_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh employee engagement terhadap kepuasan kerja karyawan di Hotel Nikko Bali Benoa Beach. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya indikasi menurunnya semangat dan partisipasi karyawan dalam bekerja yang terlihat dari banyaknya karyawan yang pulang mendahului sebelum jam kerja berakhir yang menandakan bahwa karyawan belum terlibat penuh dengan pekerjaan mereka. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 75 orang karyawan permanen dari berbagai departemen. Variabel dependen dari penelitian ini adalah employee engagement dan kepuasan kerja sebagai variabel independen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, secara keseluruhan employee engagement berpengaruh positif dan signifikan yang dilihat dari besaran nilai koefisien korelasi sebesar 0,736 dan nilai signifikansi 0,001 yang mengindikasikan bahwa semakin tinggi keterlibatan karyawan dalam bekerja maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan kerja karyawan. Berdasarkan hasil uji R Square diperoleh nilai sebesar 0,542 yang menunjukkan yang menunjukkan bahwa sebesar 54,2 % variasi dalam variabel Employee Engagement (X) dapat menjelaskan variabel Kepuasan Kerja Karyawan (Y) di Hotel Nikko Bali Benoa Beach, menyisakan sebesar 45,8 % yang dapat dijelaskan dengan variabel-variabel lain. Temuan dari penelitian diharapkan dapat menjadi acuan bagi manajemen hotel dalam merancang strategi peningkatan keterlibatan karyawan guna menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan produktif. Penelitian ini menyarankan untuk menggunakan variabel tambahan yang mungkin dapat memengaruhi kepuasan kerja karyawan, seperti budaya organisasi, gaya kepemimpinan, work life balance, dan kompensasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Employee Engagement, Kepuasan Kerja, Hotel, Analisis Regresi Linear Sederhana |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | I Komang Yana Asta Wiguna |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 00:16 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 00:16 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16758 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |