Maharani, Ni Made Dinda Puan (2025) Pengaruh Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan di Hotel Four Points by Sheraton Bali, Ungasan. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93303_2115834103_Full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115834103_0004037205_0006049009_Part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (969kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93303_2115834103_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Industri perhotelan kontemporer yang mengusung standar internasional menuntut setiap pekerja untuk memberikan pelayanan terbaik yang sesuai dengan standar operasional prosedur perusahaan. Dalam kenyataannya, beban kerja yang tidak seimbang sering menjadi penyebab kinerja yang buruk, peningkatan stres di tempat kerja, dan penurunan keinginan karyawan untuk terus bekerja. Oleh karena itu, untuk menjaga kinerja karyawan stabil, pengelolaan beban kerja yang proporsional dan terukur diperlukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan antara tingkat beban kerja dan kinerja karyawan di Hotel Four Points by Sheraton Bali Ungasan, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh beban kerja terhadap kinerja mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, menggunakan teknik deskriptif dan verifikatif, untuk mendapatkan analisis mendalam dan menguji hipotesis. Karena jumlah populasi relatif kecil (kurang dari 100 orang), maka seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Penelitian ini melibatkan seluruh karyawan operasional hotel, dengan 49 responden yang dipilih melalui metode sensus. Kuesioner tertutup dengan skala Likert, yang telah diuji reliabilitas dan validitasnya, adalah alat utama untuk pengumpulan data. Selain itu, untuk mendukung temuan lapangan, penelitian ini dilengkapi dengan observasi langsung dan dokumentasi data sekunder. Analisis data terdiri dari uji asumsi klasik (normalitas, heteroskedastisitas, dan linearitas), analisis regresi linier sederhana untuk mengevaluasi hubungan antar variabel, uji t parsial untuk mengevaluasi pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen, uji F untuk mengevaluasi signifikansi umum model, dan perhitungan koefisien determinasi (R2). Hasil analisis menunjukkan bahwa beban kerja karyawan berada pada kategori cukup tinggi. Faktor-faktor seperti volume pekerjaan yang padat, tekanan waktu yang tinggi, dan tuntutan multitasking yang harus dilakukan karyawan di berbagai departemen hotel menunjukkan hal ini. Sementara itu, kinerja karyawan secara umum tetap berada pada kategori baik hingga sangat baik, dengan kuantitas kerja, kualitas hasil kerja sesuai Standar Operasi Prosedur (SOP), ketepatan waktu, tanggung jawab, disiplin, dan kemampuan kerja sama tim lintas bagian. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa beban kerja berdampak positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Dengan nilai koefisien regresi 0,446, t hitung 5,556 lebih besar dari t tabel 2,013, dan signifikansi 0,001, koefisien determinasi (R2) sebesar 39,6% menunjukkan bahwa variasi kinerja karyawan dijelaskan oleh beban kerja. Faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini menempati 60,4% dari total. Hasil pada penelitian ini mendukung teori manajemen sumber daya manusia dan penelitian terdahulu yang menekankan betapa pentingnya mengelola beban kerja dengan benar. Diharapkan temuan ini akan membantu manajemen hotel menggunakan temuan ini untuk membuat pembagian beban kerja lebih proporsional dan menjaga kinerja karyawan pada tingkat yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Beban Kerja, Kinerja Karyawan, Regresi Linier Sederhana, Perhotelan |
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | Ni Made Dinda Puan Maharani |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 10:16 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 10:16 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16950 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |