Sinanditha, I Gede Bagus Ananda (2025) Strategi Corporate Social Responsibility dalam Upaya Meningkatkan Employee Engagement di Hotel Indigo Bali Seminyak Beach. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93308_2115744104_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab I, Bab V, dan Referensi)
RAMA_93308_2115744104_0005037704_0031126360_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (777kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93308_2115744104_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk mengevaluasi secara mendalam mengenai strategi Corporate Social Responsibility dalam upaya meningkatkan employee engagement di Hotel Indigo Bali Seminyak Beach. CSR dalam konteks ini tidak hanya berfokus pada pihak eksternal, tetapi juga pada aspek internal yang menyasar kesejahteraan dan keterlibatan karyawan sebagai pemangku kepentingan internal perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi program CSR di Hotel Indigo Bali Seminyak Beach, dan menganalisis strategi CSR dalam meningkatkan employee engagement. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan manajemen dan karyawan, observasi langsung selama peneliti melaksanakan magang, serta studi dokumentasi internal perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hotel Indigo Bali Seminyak Beach secara konsisten menjalankan berbagai program CSR internal dan eksternal, seperti Giving for Good, Celebrate Service Week, Green Engage, Zero Food Waste, pelatihan keterampilan, employee outing, serta program penghargaan karyawan. Strategi ini terbukti mampu memperkuat tiga dimensi utama employee engagement menurut yaitu vigor, dedication, dan absorption. Temuan juga mendukung Teori Stakeholders yang menekankan pentingnya perusahaan dalam memperhatikan kepentingan karyawan sebagai pemangku kepentingan internal. Penelitian ini memberikan implikasi teoritis berupa penguatan literatur hubungan CSR dan employee engagement, serta implikasi praktis bagi manajemen hotel dalam merancang strategi CSR yang relevan, berkelanjutan, dan selaras dengan kebutuhan karyawan. Rekomendasi penelitian ini adalah perlunya evaluasi rutin terhadap efektivitas program CSR internal untuk memastikan peningkatan keterlibatan karyawan secara berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Corporate Social Responsibility, Employee Engagement, Strategi CSR |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi |
Depositing User: | I Gede Bagus Ananda Sinanditha |
Date Deposited: | 23 Aug 2025 03:27 |
Last Modified: | 23 Aug 2025 03:27 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16971 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |