Suwitri, Sang Ayu Nyoman (2025) Analisis Penerapan Search Engine Optimization (SEO) dalam Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Visibilitas Online Padma Resort Legian. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93308_2115744033_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_2115744033_0008126111_0008126207_part.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_93308_2115744033_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Search Engine Optimization dalam strategi digital marketing untuk meningkatkan visibilitas online di Padma Resort Legian. Perkembangan teknologi digital telah mendorong industri perhotelan untuk bisa beradaptasi dengan strategi pemasaran modern yang lebih efektif dan efesien dalam konteks digital marketing. Salah satu strategi utama dalam digital marketing yang bisa diterapakan adalah Search Engine Optimization (SEO), yang menjadi salah satu strategi penting dalam pemasaran digital untuk meningkatkan visibilitas online dan memaksimalkan peringkat di hasil pencarian organik mesin pencari (Google). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SEO yang dimulai sejak Desember 2023 memberikan dampak signifikan terhadap performa website, ditunjukkan dengan peningkatan jumlah pengunjung unik sebesar 68%, kenaikan jumlah kunjungan sebesar 101%, serta lonjakan halaman yang dibuka hingga lebih dari 624% pada tahun 2024 dibandingkan tahun sebelumnya. Strategi yang diterapkan meliputi optimasi kata kunci yang relevan serta peningkatan kualitas konten pada website Padma Resort Legian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan SEO di Padma Resort Legian secara strategis dan konsisten terbukti efektif dalam meningkatkan visibilitas online dan mendukung daya saing Padma Resort Legian di tengah persaingan industri perhotelan di era digital ini dan penting untuk terus konsisten dalam penerapan strategi SEO ini. Sehingga kontribusi dari penelitian ini adalah pedoman agar penerapan strategi SEO di Padma Resort Legian bisa tetap konsisten dan lebih baik kedepannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Search Engine Optimization, Digital Marketing, Visibilitias Online
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Sang Ayu Nyoman Suwitri
Date Deposited: 24 Aug 2025 01:51
Last Modified: 24 Aug 2025 01:51
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/17106

Actions (login required)

View Item View Item