Wangi, Ni Luh Ari Kencana (2025) Implementasi Permohonan Approval Calon Penerima Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_63411_2215713053_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_2215713053_0010106214_0009098804_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (714kB)

Abstract

Administrasi publik memiliki peranan penting dalam menunjang kelancaran layanan masyarakat, termasuk dalam bidang pendidikan. Dalam administrasi kependidikan yang harus dimiliki oleh pendidik adalah Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). NUPTK merupakan identitas resmi yang diberikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan di Indonesia sebagai bukti pengakuan formal atas status mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi permohonan Approval Calon Penerima Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan Di Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar. Data ini diperoleh melalui wawancara dari tiga pegawai yang bertugas di bagian dapodik, melalui observasi online dan offline serta dokumentasi untuk mendukung penelitian. Seluruh data tersebut dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi prosedur mengenai pengajuan Approval NUPTK yang telah berjalan secara sistematis melalui sistem Verifikasi dan Validasi (Verval) PTK yang terintegrasi secara nasional. Proses ini dimulai dari pengumpulan dokumen oleh guru/PTK seperti scan KTP dan KK (sesuai DUKCAPIL), ijazah terakhir yang linier SK Pengangkatan sebagai guru/tenaga kependidikan, SK Pembagian Tugas (untuk guru) dan Surat Rekomendasi Kepala Sekolah. Selanjutnya verifikasi oleh operator sekolah, hingga verifikasi, validasi, dan approval oleh Disdikpora Kota Denpasar serta yang terakhir oleh Pusdatin Kemendikbudristek. Kendala yang terjadi pada implementasi yakni kurangnya pemahaman guru baru mengenai prosedur dan dokumen yang dibutuhkan, terbatasnya kemampuan teknis dalam pengunggahan berkas, serta kendala teknis seperti jaringan internet dan ketidaksesuaian data administrasi (contoh: NIK tidak sinkron dengan DUKCAPIL). Dari kondisi ini perlu adanya peningkatan kualitas implementasi permohonan approval NUPTK di masa mendatang seperti infografis yang berisikan informasi lengkap mengenai prosedur pengajuan approval NUPTK agar para guru/PTK tidak mengalami kesulitan dan mempermudah pihak dinas untuk menjelaskan informasi tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Administrasi Publik, NUPTK, Implementasi, Approval, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, Verifikasi dan Validasi (Verval)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Kesekretariatan
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Luh Ari Kencana Wangi
Date Deposited: 26 Aug 2025 11:09
Last Modified: 26 Aug 2025 11:09
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/17517

Actions (login required)

View Item View Item