Indrawan, Gede Wahyu (2025) Implementasi Strategi Public Relations dalam Menguatkan Komitmen Stakeholders pada Program P4GN Di BNN Provinsi Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_63411_2215713085_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_2215713085_0017106302_0031126084_part.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (997kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada implementasi strategi Public Relations dalam menguatkan komitmen stakeholders pada Program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bali. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan strategi Public Relations, kendala yang dihadapi, serta upaya inovatif yang dilakukan BNNP Bali dalam melibatkan stakeholders. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BNNP Bali menerapkan strategi Public Relations dengan mengacu pada konsep PENCILS (Publication, Event, News, Community Involvement, Identity, Lobbying, Social Responsibility). Strategi ini efektif dalam meningkatkan pemahaman dan komitmen stakeholders, meskipun masih menghadapi kendala berupa keterbatasan sumber daya dan tantangan koordinasi lintas lembaga. Upaya inovatif dilakukan melalui pemanfaatan media digital, penguatan kerja sama lintas sektor, serta pendekatan berbasis komunitas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi Public Relations BNNP Bali berperan penting dalam mendukung keberhasilan Program P4GN. Rekomendasi diberikan agar BNNP Bali memperkuat komunikasi strategis, meningkatkan kapasitas SDM, serta memperluas jaringan kerja sama untuk menghadapi dinamika penyalahgunaan narkotika yang semakin kompleks. Kata kunci: Public Relations, Stakeholders, Strategi PENCILS, P4GN, BNN Provinsi Bali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Public Relations, Stakeholders,P4GN, BNN Provinsi Bali.
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Gede Wahyu Indrawan
Date Deposited: 28 Aug 2025 12:05
Last Modified: 28 Aug 2025 12:05
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/17817

Actions (login required)

View Item View Item