Tandibua, Julio Ekklesia (2025) Pengaruh Program Reward dan Punishment terhadap Kinerja Karyawan di The Laguna, A Luxury Collection Resort & Spa Nusa Dua. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93303_2115834131_Full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115834131_0020096606_0009127902_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (513kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93303_2115834131_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh program penghargaan dan hukuman terhadap kinerja karyawan di The Laguna, a Luxury Collection Resort & Spa Nusa Dua, Bali. Penelitian ini menggunakan metode campuran kuantitatif dan kualitatif. Data primer diperoleh melalui kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan data sekunder berasal dari dokumen administrasi hotel. Populasi adalah 370, dengan sampel yang dipilih secara sengaja sebanyak 79 responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda dengan SPSS 26, bersama dengan uji validitas dan reliabilitas, serta uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan linearitas). Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua instrumen valid dan reliabel, dan model regresi memenuhi semua asumsi klasik. Penghargaan dan hukuman terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan, baik secara parsial maupun simultan, terhadap kinerja karyawan, dengan koefisien regresi masing-masing 0,541 dan 0,448. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,731 menunjukkan bahwa 73,1% variasi kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh kedua variabel tersebut. Dalam praktiknya, sistem penghargaan seperti Brand Champion dan hukuman berbasis PKB telah diterapkan secara konstruktif di lingkungan kerja perhotelan. Penelitian ini menekankan pentingnya manajemen penghargaan dan hukuman dalam meningkatkan kinerja karyawan di sektor perhotelan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reward, Punishment, Kinerja Karyawan, Industri Perhotelan. |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | Julio Ekklesia Tandibua |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 00:35 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 00:35 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/17935 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |