Wahidah, Nurul (2025) Implementasi Green Practice Serta Dampaknya terhadap Kinerja Receptionist di Rascals Hotel Kuta Lombok. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full] Text (Full)
RAMA_93303_2415854050_FULL.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover,  Bab 1, Bab 5, dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5, dan Referensi)
RAMA_93303_2415854050_0004037205_0026106308_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_93303_2415854050_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (799kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implemetasi green practice di Rascals Hotel Kuta Lombok serta dampaknya terhadap kinerja receptionist di Rascals Hotel Kuta Lombok. Objek penelitian ini yaitu implementasi Green Practice di Rascals Hotel Kuta Lombok berfokus pada departmen front office, serta dampak yang ditimbulkan terhadap kinerja receptionist. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dimana pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan green practice sudah dilakukan secara konsisten meskipun terdapat beberapa praktik yang masih bisa ditingkatkan. Dimensi yang sudah terlaksana dengan maksimal diantaranya adalah green action dengan indikator penghematan energi, pengelolaan air, pengelolaan limbah kemudian green donation dengan indikatorn program penghijauan, dukungan organinasi lingkungan, dan edukasi Masyarakat. Sedangkan untuk dimensi green food dengan indikator penggunaan bahan makanan organik dan kemitraan dengan pemasok lokal masih perlu peningkatan dalam praktiknya sehingga keseluruhan indkator dalam green practice dapat diteraapkan dengan maksimal. Kemudian penerapan green practice memberikan dampak yang positif terhadap kinerja receptionist dirascals hotel kuta Lombok, hal ini dapat dilihat dari tingkat efisiensi dan efektifitas dalam memberikan layanan kepada tamu secara maksimal sehingga meningkatkan kepuasan tamu yang menginap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Green Practice, Performance, Front Office
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Nurul Wahidah
Date Deposited: 01 Sep 2025 07:44
Last Modified: 01 Sep 2025 07:44
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18015

Actions (login required)

View Item View Item