Marlangen, Komang Inten (2025) Analisis Online Review terhadap Tingkat Pemesanan pada Online Travel Agent Agoda di Starloka Saba Bali Hotel. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_61316_2115754006_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_61316_2115754006_0001048404_0012119508_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (537kB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_61316_2115754006_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara ulasan online dan tingkat pemesanan di platform Agen Perjalanan Online (OTA) Agoda di Hotel Starloka Saba Bali. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena bahwa, meskipun Agoda memiliki banyak ulasan online positif dan peringkat tinggi, kontribusinya terhadap pemesanan kamar di Hotel Starloka Saba Bali adalah yang terendah dibandingkan dengan OTA lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner kepada 70 responden yang merupakan pengguna Agoda yang pernah menginap di Hotel Starloka Saba Bali. Teknik analisis data meliputi korelasi Pearson, regresi linier sederhana, uji t, dan uji F menggunakan perangkat lunak SPSS 25. Hasil menunjukkan bahwa ulasan online memiliki hubungan positif dan signifikan dengan tingkat pemesanan, dengan nilai signifikansi 0,003 dan koefisien korelasi 0,345. Selain itu, semua indikator ulasan online, yaitu kegunaan, keahlian ulasan, ketepatan waktu, volume, valensi, dan kelengkapan, terbukti memiliki efek signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap tingkat pemesanan. Temuan ini menyiratkan bahwa mengoptimalkan kualitas dan pengelolaan ulasan online di Agoda dapat menjadi strategi krusial dalam meningkatkan pemesanan hotel. Studi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi baik secara teoritis maupun praktis, terutama dalam pengembangan strategi pemasaran digital di industri perhotelan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Online Review, Tingkat Pemesanan dan Online Travel Agent
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Bisnis Digital > Skripsi
Depositing User: Komang Inten Marlangen
Date Deposited: 29 Aug 2025 09:25
Last Modified: 29 Aug 2025 09:25
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18175

Actions (login required)

View Item View Item