Dewi, Ni Gusti Ayu Natasya Diantari (2025) Analisis Sosial Media Instagram dan Kualitas Konten terhadap Brand Awareness Hotel The Kirana Canggu. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_61316_2115754020_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_61316_2115754020_0031126084_0004119601_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (717kB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_61316_2115754020_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak media sosial Instagram (X1) dan kualitas konten (X2) terhadap brand awareness (Y) Hotel The Kirana Canggu, di tengah persaingan yang ketat dalam industri perhotelan di Canggu, Bali. Hal ini penting mengingat tingkat keterlibatan akun Instagram hotel tersebut masih rendah jika dibandingkan dengan para pesaingnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh positif dan signifikan dari X1 dan X2, baik secara terpisah maupun bersamaan, terhadap Y. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan 100 responden yang diambil dari populasi 3.987 pengikut aktif akun Instagram @thekiranacanggu (per Juni 2025), yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring dan dianalisis menggunakan SPSS dengan melakukan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linear berganda, uji T, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil dari uji T menunjukkan bahwa X1 dan X2 masing-masing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Y secara parsial. Sementara itu, uji F menunjukkan bahwa keduanya juga berpengaruh positif dan signifikan secara simultan. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,617 (61,7%) menunjukkan bahwa brand awareness dipengaruhi oleh X1 dan X2 sebesar 61,7%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media sosial dan kualitas konten yang disajikan memiliki dampak positif terhadap peningkatan kesadaran merek hotel, meskipun jumlah pengikutnya belum mencapai angka yang optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial Instagram, Kualitas Konten, Brand Awareness, Hotel The Kirana Canggu.
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Bisnis Digital > Skripsi
Depositing User: Ni Gusti Ayu Natasya Diantari Dewi
Date Deposited: 29 Aug 2025 09:54
Last Modified: 29 Aug 2025 09:54
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18223

Actions (login required)

View Item View Item