Putra, Putu Divayana Wira (2025) Persepsi karyawan terhadap penggunaan Sistem Onex Project Tree dalam Departemen Food & Beverage di The Laguna, a Luxury Collection Resort & Spa, Nusa Dua. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93308_2115744061_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93308_2115744061_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_2115744061_0027086808_0003127605_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (650kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis persepsi karyawan terhadap penggunaan sistem Onex Project Tree di Departemen Food & Beverage The Laguna, a Luxury Collection Resort & Spa, Nusa Dua. Perkembangan teknologi yang pesat mendorong industri perhotelan untuk mengadopsi sistem digital guna meningkatkan efisiensi operasional. Sistem Onex Project Tree, sebuah sistem manajemen dokumen digital, diimplementasikan di The Laguna untuk menyederhanakan alur kerja, terutama dalam proses persetujuan dokumen. Meskipun bertujuan untuk efisiensi, sistem ini menghadapi berbagai kendala teknis seperti respons yang lambat dan antarmuka yang kurang ramah pengguna, yang berpotensi memengaruhi persepsi karyawan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan karyawan dari departemen Food & Beverage dan departemen terkait, serta melalui observasi langsung terhadap operasional sistem. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan kerangka teori Technology Acceptance Model (TAM), yang berfokus pada empat indikator utama: Perceived Usefulness (Persepsi Kegunaan), Perceived Ease of Use (Persepsi Kemudahan Penggunaan), Intention to Use (Niat untuk Menggunakan), dan Usage Behavior (Perilaku Penggunaan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi karyawan terhadap sistem Onex Project Tree secara dominan positif dan suportif. Dari segi Perceived Usefulness, sistem ini dinilai sangat efektif dalam mempercepat alur persetujuan dokumen dari hitungan minggu menjadi beberapa hari, meningkatkan transparansi, dan mempermudah pengarsipan data untuk kebutuhan audit. Dari sisi Perceived Ease of Use, sistem ini dianggap mudah dipelajari dan digunakan, meskipun terdapat beberapa kendala teknis seperti kelambatan sistem pada jam sibuk dan batasan ukuran unggahan berkas. Adanya dukungan teknis yang terstruktur dari "Champion" internal dan tim IT membantu mengatasi kendala tersebut. Persepsi positif terhadap kegunaan dan kemudahan ini mendorong timbulnya Intention to Use yang kuat, di mana karyawan berkomitmen untuk terus menggunakan sistem ini di masa depan. Pada akhirnya, hal ini terwujud dalam Usage Behavior yang konsisten, di mana penggunaan sistem telah menjadi bagian integral dari rutinitas kerja harian, didukung oleh kebijakan manajemen dan motivasi internal karyawan untuk meningkatkan efisiensi kerja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Karyawan, Sistem Informasi Manajemen, Technology Acceptance Model (TAM), Onex Project Tree, Hotel. |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi |
Depositing User: | Putu Divayana Wira Putra |
Date Deposited: | 30 Aug 2025 08:06 |
Last Modified: | 30 Aug 2025 08:06 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/18469 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |