Utama, I Gede Aditya (2025) Pelayanan Picnic by Lumbung oleh Pramusaji pada In Villa Dining di Mandapa a Ritz Carlton Reserve. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93402_2215823201_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2215823201_0007086206_0806018605_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan Picnic by Lumbung oleh Pramusaji pada In Villa Dining di Mandapa a Ritz Carlton Reserve. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelayanan program Picnic by Lumbung pada In Villa Dining di Mandapa a Ritz Carlton Reserve dan menjelaskan kendala yang dihadapi serta memberikan solusi pada saat program Picnic by Lumbung pada In Villa Dining di Mandapa a Ritz Carlton Reserve. Penelitian ini memanfaatkan berbagai teknik pengumpulan data dengan metode observasi dengan melakukan pengamatan langsung dan pencatatan aspek-aspek penting dari pelayanan picnic by lumbung di in villa dining. Melakukan wawancara dengan manager, supervisor, dan waiter untuk mengumpulkan wawasan tentang pelayanan picnic by lumbung. Studi Pustaka dengan membaca referensi dari buku atau mencari referensi melalui internet seperti jurnal, laporan ilmiah dan artikel dari sumber terpercaya. Memanfaatkan metode deskriptif untuk menganalisis data, yang melibatkan penjelasan dan merinci informasi yang diperoleh dari restoran. Hasil disajikan menggunakan metode formal dan informal. Picnic by lumbung merupakan kegiatan picnic yang ditawarkan kepada tamu untuk menambah pengalaman bersantap di balai lumbung dengan gaya nuansa Bali. Pelayanan picnic by lumbung dapat dibagi menjadi tiga tahap utama yaitu Persiapan, Pelaksanaan, dan Tahap Akhir. Pada tahap persiapan penekanan ditempatkan pada absensi, personal grooming, persiapan area kerja dan peralatan. Tahap Pelaksanaan melibatkan pelayanan dengan melakukan menyambut tamu, mempersilahkan tamu duduk dan menawarkan untuk melakukan dokumentasi, menuangkan air ke gelas tamu, memberikan oshibori, menawarkan minuman tambahan, menghidangkan makanan yang berada dalam rantang, dan melakukan farewell dengan tamu. Tahap akhir berfokus pada melakukan clear up table, polish cutleries, dan reporting. Terdapat kendala yang dihadapi termasuk angin yang berhembus kencang dan cuaca yang berubah-ubah. Solusi melibatkan dengan menyediakan selimut untuk tamu agar meminimalisir suhu yang dingin pada saat melakukan picnic, dan melakukan pemindahan tempat ke kamar tamu jika terjadi hujan agar kegiatan picnic by lumbung tetap berjalan dengan eksklusif dan membuat tamu nyaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lumbung, Picnic, Eksklusif, Reporting, Oshibori, Cutleries, Personal Grooming
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: I Gede Aditya Utama
Date Deposited: 05 Sep 2025 10:09
Last Modified: 05 Sep 2025 10:09
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/19271

Actions (login required)

View Item View Item