Swandewi, Ni Kadek Santhi (2025) Pengaruh Penggunaan Aplikasi E-Office Dan Sistem Tata Kelola Persuratan Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Injourney Tourism Development Corporation (ITDC). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93308_2115744175_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_2115744175_0020046804_0022047003_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (824kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93308_2115744175_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi e-office dan sistem manajemen korespondensi terhadap efektivitas kerja karyawan di InJourney Tourism Development Corporation (ITDC). Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya transformasi digital dalam manajemen administrasi perkantoran untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, dan produktivitas kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan pendekatan survei menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 108 responden, yang merupakan karyawan ITDC. Variabel independen dalam penelitian ini adalah penggunaan aplikasi e-office dan sistem manajemen korespondensi, sedangkan variabel dependen adalah efektivitas kerja karyawan. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial, penggunaan aplikasi e-office berpengaruh signifikan terhadap efektivitas kerja karyawan, sedangkan sistem manajemen korespondensi tidak berpengaruh signifikan secara individual. Namun, secara simultan, kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas kerja karyawan. Temuan ini menunjukkan bahwa optimalisasi penerapan teknologi informasi melalui e-office, yang didukung oleh manajemen korespondensi yang baik, dapat meningkatkan kinerja karyawan dalam organisasi berbasis layanan publik seperti Injourney Tourism Development (ITDC).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-office, Correspondence Management, Work Effectiveness, Injourney Tourism Development (ITDC) |
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Kesekretariatan |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi |
Depositing User: | Ni Kadek Santhi Swandewi |
Date Deposited: | 07 Sep 2025 08:11 |
Last Modified: | 07 Sep 2025 08:11 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/19509 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |