Lestari, Ni Made Sekar Puji and Handayani, Ni Made Elisa and Handayani, Ni Nyoman Elita (2025) Pengembangan Sistem Taking Sales Berbasis Web Terintegrasi Dengan Point of Sales untuk Efisiensi Pengelolaan Pesanan Customer. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_57401_2215323073_2215323009_2215323010_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab1, Bab 5, Referensi)
RAMA_57401_2215323073_2215323009_2215323010_0815028802_0019047104_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
![]() |
Text (Manual Book)
Buku_Panduan.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Seiring dengan perkembangan globalisasi, persaingan dalam dunia usaha semakin ketat, sehingga mendorong pelaku usaha untuk meningkatkan daya saing, baik melalui pengembangan produk, layanan, maupun penerapan sistem informasi yang lebih efisien. Salah satu aspek penting dalam dunia usaha, khususnya industri ritel, adalah proses penjualan yang efektif dan cepat. Namun, di banyak toko, proses transaksi dan pencatatan masih dilakukan secara konvensional, yang mengakibatkan antrean panjang, keterlambatan pembayaran, risiko kesalahan pencatatan, dan kurangnya integrasi data antar divisi seperti penjualan, kasir, dan gudang. Untuk mengatasi permasalahan ini, dikembangkan sistem informasi manajemen penjualan berbasis website yang dinamakan Taking Sales, yang bertujuan untuk mengotomatisasi proses invoicing, pencatatan transaksi, serta integrasi data secara real-time.Perancangan sistem Taking Sales dilakukan dengan pendekatan analisis menggunakan diagram UML, seperti Flowmap, Use Case Diagram, Diagram Proses, dan Activity Diagram. Metode pengembangan sistem menggunakan metode Agile dengan tahapan Requirements, Design, Development, Testing, Deployment, dan Review yang memungkinkan iterasi dan evaluasi berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas sistem. Pengujian sistem dilakukan menggunakan metode Black Box Testing untuk memastikan seluruh fungsi berjalan sesuai kebutuhan. Diharapkan dengan implementasi sistem ini, efisiensi operasional toko meningkat, antrean di kasir berkurang, koordinasi antar divisi lebih terintegrasi, serta pengalaman berbelanja pelanggan menjadi lebih nyaman dan cepat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Taking Sales, Point Of Sales (POS), Pengelolaan Pesanan Customer |
Subjects: | Ilmu Teknik > Teknik Elektro Dan Informatika Ilmu Teknik > Teknik Elektro Dan Informatika > Sistem Informasi Ilmu Teknik > Teknik Elektro Dan Informatika > Teknologi Informasi Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen Informatika |
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir |
Depositing User: | Ni Made Sekar Puji Lestari |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 03:28 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 03:28 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/20004 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |