Putra, Kadek Yudha Ananda (2025) Matematika Learning Management System Berbasis Vocational Realistic Education: Studi Kasus Institusi Vokasi. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_58302_2115354070_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (25MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5, dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5, dan Referensi)
RAMA_58302_2115354070_0001099003_0004097606_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (685kB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_58302_2115354070_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan metode pengajaran konvensional, yang cenderung teoretis dan minim integrasi teknologi, sehingga kurang membekali mahasiswa untuk menghadapi tantangan dunia kerja modern. Sebagai response, sebuah Learning Management System (LMS) matematika dikembangkan dengan landasan pendekatan Vocational Realistic Education (VRE) untuk menciptakan pembelajaran yang lebih relevan. Sistem berbasis web ini dibangun menggunakan metode Rapid Application Development (RAD), yang menghasilkan sebuah platform dengan fungsionalitas spesifik untuk berbagai peran pengguna, termasuk Super Admin, pengajar, instruktur dari industri, dan mahasiswa. Evaluasi sistem dilakukan melalui dua pendekatan: Black Box Testing untuk verifikasi fungsionalitas dan Uji Independent Sample T-Test untuk mengukur efektivitasnya terhadap hasil belajar. Hasil dari Black Box Testing mengonfirmasi bahwa seluruh fitur sistem beroperasi sesuai rancangan. Akan tetapi, Uji Independent Sample T-Test tidak menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan secara statistik antara kelompok mahasiswa yang menggunakan LMS dengan kelompok kontrol. Studi ini menyimpulkan bahwa meskipun LMS berhasil secara teknis dan menyediakan lingkungan belajar yang lebih terstruktur serta fleksibel, implementasinya dalam jangka pendek belum memberikan dampak signifikan pada peningkatan performa akademik mahasiswa. Meskipun demikian, platform ini dinilai berhasil menjembatani konsep teoritis dengan aplikasi industri yang praktis berkat keterlibatan instruktur industri dan adanya forum diskusi terintegrasi. Untuk itu, penelitian longitudinal di masa depan sangat disarankan guna mengkaji dampak jangka panjang sistem terhadap pembelajaran dan keterlibatan mahasiswa secara lebih komprehensif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Learning Management System, Vocational Realistic Education, Matematika, Blended Learning, E-Learning
Subjects: Ilmu Teknik > Teknik Elektro Dan Informatika > Teknologi Informasi
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak > Skripsi
Depositing User: Kadek Yudha Ananda Putra
Date Deposited: 15 Sep 2025 07:33
Last Modified: 15 Sep 2025 07:33
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/20862

Actions (login required)

View Item View Item