Implementasi Green Action melalui Daily Free Activity pada Departemen Front Office untuk Meningkatkan Triple Bottom Line di Sthala A Tribute Portfolio Hotel Ubud

Pratama, Ida Bagus Wahyu Wisma Pratama and Sari, I Gusti Agung Mas Krisna Komala and Virginiya, Putu Tika (2023) Implementasi Green Action melalui Daily Free Activity pada Departemen Front Office untuk Meningkatkan Triple Bottom Line di Sthala A Tribute Portfolio Hotel Ubud. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_1915834101_0028098802_0022099010_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (989kB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_1915834101_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berfokus pada ”Implementasi Green Action melalui Daily Free Activity pada Departemen Front Office untuk meningkatkan Triple Bottom Line di Sthala A Atribute Portfolio Hotel Ubud”. Hotel di Bali sangat bergantung pada sumber daya yang ada di Bali seperti sumber daya alam dan sumber daya manusia. Sthala A Atribute Portfolio Hotel Ubud merupakan salah satu hotel bintang lima memiliki konsep ramah lingkungan. Penerapan green action di hotel ini dapat dilihat dari adanya aktivitas Daily Free Activity dimana kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kepuasan tamu akan tetapi juga bertujuan untuk melestarikan lingkungan yang berpengaruh terhadap Triple Bottom Line. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara menggunakan Forum Group Discussion. Teknik analisis data yang dipakai oleh peneliti adalah metode kualitatif lapangan. Berdasarkan hasil Forum Group Discussion dengan 15 orang informan diperoleh bahwa implementasi Green Action melalui Daily Free Activity dalam meningkatkan Triple Bottom Line di Sthala A Atribute Portfolio Hotel Ubud. Kegiatan seperti Sthala Gowes, Explore Ubud, dan Sthala Welcoming Yoga berhasil mengurangi emisi gas buang, meningkatkan keterlibatan masyarakat lokal, melestarikan lingkungan, dan meningkatkan pendapatan hotel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Ida Bagus Wahyu Wisma Pratama
Date Deposited: 13 Sep 2023 01:43
Last Modified: 13 Sep 2023 01:43
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/10086

Actions (login required)

View Item View Item