Analisis Menu Green Food sebagai Main Course untuk Meningkatkan Penjualan Makanan di Ayung Garden Restaurant The Royal Pita Maha Resort

Widana, I Nengah and Antara, Dewa Made Suria and Basi Arjana, I Wayan (2022) Analisis Menu Green Food sebagai Main Course untuk Meningkatkan Penjualan Makanan di Ayung Garden Restaurant The Royal Pita Maha Resort. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_2115854062_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2115854062_0015096410_0007086206_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis menu green food sebagai main course di Ayung Garden Restaurant The Royal Pitamaha serta memformulasikan strategi yang dilakukan dalam penerapan menu engineering dalam upaya meningkatkan penjualan makanan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Data dianalisis dengan teknik analisis menu engineering dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Ayung Garden Restaurant, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep green food yang di jalankan di Ayung Garden Restaurant sudah berdasarkan 4 tahapan yang seharusnya di jalankan seperti : Pemilihan bahan dengan mengutamakan produk lokal, penyediaan kebun organik dan menetapkan standar kualitas bahan makanan yang green food untuk pihak ke 3 ( supplier ), proses pengolahan makanan yang berkonsep green dan sehat, penyajian makanan yang berkonsep green food dan menyatu dengan alam dan penaggulangan limbah makanan dari restoran yang tidak merusak alam. Berdasarkan data penjualan makanan di Ayung Garden Restaurant tahun 2019 penerapan menu engineering dari 21 menu main course green food yang ada terdapat 13 menu atau sebesar 61,9 % masuk ke dalam tingkat popularitas tinggi dan terdapat 8 menu atau sebesar 38,1 % masuk ke dalam tingkat popularitas rendah. Sedangkan menu yang memilki tingkat kontribusi margin tinggi yaitu sebanyak 10 menu atau sebesar 47,6 % dan menu yang memiliki tingkat kontribusi margin rendah yaitu sebanyak 11 menu atau sebesar 52,4 %. Selanjutnya dari 21 menu main course green food yang ada terdapat 7 menu atau sebesar 33,3 % masuk kedalam kategori Stars , sebanyak 6 menu atau 28,6 % masuk kedalam kategori plowhorse , 3 menu atau 14,3 % masuk dalam kategori puzzles, dan terdapat 5 menu atau sebesar 23,8 % masuk kedalam kategori dogs. Berdasarkan hasil analisis maka strategi yang diterapkan dalam meningkatkan penjualan menu main course green food yaitu dengan mempertahankan kualitas, meningkatkan efisiensi, menaikan harga jual, melakukan promosi dengan media digital, lebih inovatif dan kreatif, memanfaatkan metode trimming dalam mengolah bahan baku, menjual 100% menu organik, meningkatkan kontrol dan pengawasan terhadap kualitas bahan baku, pengolahan makanan,cara penyajian serta sistim pengolahan sampah dan limbah restoran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen Industri
Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: I Nengah Widana
Date Deposited: 14 Oct 2022 09:28
Last Modified: 14 Oct 2022 09:28
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/4536

Actions (login required)

View Item View Item