Putra, Putu Igo Pratama and Wendri, I Gusti Made and Septevany, Elvira (2023) Penerapan Green Marketing Mix dalam meningkatkan Tingkat Hunian Kamar di The Westin Resort & Spa Ubud. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_1915834071_0023095811_0026098907_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_93303_1915834071_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari strategi green marketing mix dalam upaya meningkatkan tingkat hunian kamar di The Westin Resort & Spa Ubud. Melalui penelitian ini diharapkan mendapatkan penerapan green marketing mix yang efektif untuk diterapkan oleh sales & marketing department dalam upaya meningkatkan tingkat hunian kamar dan dapat diterapkan oleh sales & marketing department dalam melakukan pemasaran. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis Deskriptif Kualitatif, Matriks Internal Factor Analysis Summary (IFAS), Matriks Eksternal Factor Analysis Summary (EFAS), Matriks Internal - Eksternal (IE), Analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis matriks IFAS, yang menjadi kekuatan utama adalah Produk (room, restaurant, mice, spa, gym, recreation) yang bervariasi dan ramah lingkungan dengan konsep Wellness Life Style. Sedangkan yang menjadi kelemahan utama yaitu kurang adanya promosi setiap bulan. Berdasarkan analisis matriks EFAS, diketahui bahwa yang menjadi peluang utama keamanan kawasan hotel dan lingkungan sekitar sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi tamu yang menginap. Sedangkan yang menjadi ancaman utama yaitu banyaknya pesaing di kawasan Ubud serta tipe kamar dan harga yang bervariasi dari pesaing. Berdasarkan hasil penelitian Matriks IE, menempatkan perusahaan pada posisi Growth Strategic (Sel I) dengan konsentrasi melalui integrasi horizontal. Berdasarkan tersebut maka dapat disarankan agar The Westin Resort & Spa Ubud sebaiknya meningkatkan kegiatan promosi secara rutin dengan digital marketing yang mendukung green marketing, meningkatkan kerjasama promosi melalui Sales Call dalam melakukan promosi dan penjualan, membuat time schedule secara rutin dalam melakukan pemasaran khususnya melalui media sosial agar tetap menjaga insight dan grafik akun media sosial guna terus memberikan informasi terbaru mengenai produk dan jasa yang ditawarkan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan jangkauan target pasar yang lebih luas sehingga berpengaruh terhadap guest in house pada The Westin Resort & Spa Ubud dalam upaya meningkatkan tingkat hunian kamar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | Putu Igo Pratama Putra |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 13:37 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 13:37 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7202 |
Actions (login required)
View Item |