Penanganan Laundry Service oleh Laundry Attendant di Le Meridien Bali Jimbaran

Dewi, Diah Tarika Resty and Sadguna, I Gde Agus Jaya and Dewi, Ni Wayan Sintya (2023) Penanganan Laundry Service oleh Laundry Attendant di Le Meridien Bali Jimbaran. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2015823144_0010028504_0002049602_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (449kB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93402_2015823144_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dari pembahasan yang telah diuraikan pada Bab IV maka penulis dapat menarik simpulan sebagai berikut: 1. Penanganan Laundry Service di Le Meridien Bali Jimbaran dibagi menjadi beberapa tahapan. Adapun tahapan tersebut adalah: a. Tahap Persiapan diri terdiri dari empat tahapan yaitu: 1) Persiapan diri yang meliputi: datang 30 menit sebelum jam kerja dimulai, merapikan diri di locker dan menggunakan name tag. 2) Pengecekan Log Book yang berisi hal-hal yang harus dikerjakan. Pengecekan ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal apa saja uang harus di follow-up, setelah Shift berakhir seorang Laundry Attendant harus mengisi Log Book untuk memberikan informasi ke Laundry Attendant yang in-charge selanjutnya. 3) Persiapan peralatan yang digunakan yaitu menyiapkan Trolley, Kepe bambu dan Note pad. 4) Persiapan Perlengkapan yang digunakan untuk melakukan penanganan Laundry Service, yaitu Linen Supplies seperti bed sheet, duvet cover, pillow case dan towel. b. Tahap Pelaksanaan meliputi: mengambil trolley untuk mengambil linen kotor, pengambilan Guest Laundry, membawa linen kotor ke area linen untuk dipisahkan sesuai jenisnya, melakukan proses pengecekan apakah sudah sesuai dengan Laundry Service list dan melakukan Marking pada Guest Laundry, melakukan pengecekan pada linen dan guest laundry, membawakan Guest Laundry ke kamar menggunakan kepe bambu atau hanya dengan tangan kosong. c.Tahap akhir meliputi: memberikan surat jalan ke pihak laundry luar, Menangani pihak laundry luar yang datang untuk mengambil linen, memindahkan linen yang sudah bersih ke rak penyimpanan, menghitung Laundry Service List dan memposting ke system, dan yang terakhir Laundry Attendant akan membersihkan area ruangan Laundry agar tetap bersih dan nyaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: Diah Tarika Resty Dewi
Date Deposited: 03 Sep 2023 12:19
Last Modified: 03 Sep 2023 12:19
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7974

Actions (login required)

View Item View Item