Yasa, I Wayan Sadu and Solihin, Solihin and Amalia, Layla Fickri (2023) Penanganan Pembersihan Occupied Suite Room Ocean View oleh Room Attendant di Merusaka Nusa Dua. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2015823174_0012066215_0022049203_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (713kB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_93402_2015823174_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan dari pembahasan dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1. Penanganan Pembersihan Occupied Suite Room Ocean View Oleh Room Attendant Di Meruska Nusa Dua dimulai dari sebagai berikut: a. Tahap persiapan Pada tahap ini room attendant melakukan persiapan diri,briefing,persiapan peralatan dan perlengkapan. b. Tahap pelaksaanan. Pada tahap Penanganan Pembersihan Occupied Suite Room Ocean View Oleh Room Attendant Di Hotel Meruska Nusa Dua ini terdiri dari beberapa rangkaian yaitu; 1) Menerima informasi dari front office department 2) Sebelum memasuki kamar 3) Memasuki kamar 4) Membuka tirai 5) Mengeluarkan sampah, 6) Mengumpulkan peralatan kotor 7) Stripping bed 8) Making bed, 9) Membersihkan bathroom 10) Membersihkan area balcony 11) Membersihkan funiture, 12) Menyapu dan Mengepel 13) pengecekan ulang. c. Tahap akhir. Pada tahap akhir ini room attendant melakukan: 1)melakukan pembersihan pada alat kerja. 2)pengembalian seluruh peralatan dan perlengkapan kerja ke pantry. 3)mengeluarkan sampah pada trolley dan melakukan pembersihan pantry serta membuang sampah pada garbage room. 2. Kendala-kendala yang dihadapi ketika melakukan penanganan pembersihan occupied suite room ocean view oleh room attendant di Hotel Merusaka Nusa Dua adalah: a. Kekurangan dan kebersihan linen/towel yang dikarenakan di Hotel Merusaka Nusa Dua tidak memiliki laundry pribadi yang mengharuskan linen/towel dicuci di luar oleh pihak ketiga. Kebersihan linen/towel juga sering menjadi kendala bagi room attendant saat melakukan making bed atau melengkapi towel karena banyak linen/towel kotor yang disebabkan oleh tamu yang tidak menggunakan linen/towel sesuai dengan fungsinya. Untuk mengatasi ini room attendant harus berkomunikasi oleh room attendant yang lain untuk berbagi linen/towel bersih yang masih ada pada trolley-nya. b. Kualitas alat kebersihan kurang seperti cotton mop dan sapu dikarenakan setiap hari digunakan dan jarang dikontrol oleh atasan. Untuk mengatasi ini room attendant harus sering mencuci cotton mop dan membersihkan sapu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir |
Depositing User: | I Wayan Sadu Yasa |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 03:02 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 03:02 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8253 |
Actions (login required)
View Item |